5 Tips Menulis Artikel Dan Mengumpulkan Hingga Siap Di Tayangkan

5 Tips Menulis Artikel Dan Mengumpulkan Hingga Siap Di Tayangkan

Kebutuhan seorang Blogger yang menekuni dunia internet, tidak terlepas dari tuntutan menulis artikel yang bermanfaat dan ingin berbagi pengalaman, terutama jika menjadi seorang Publisher iklan tertentu. Tuntutan menulis artikel yang berkualitas tanpa plagiat menjadi salah satu kewajiban yang tidak boleh di langgar.


Dengan mendaftarkan akun saya untuk menjadi Publisher Adsense, maka saya harus getol dalam menulis dan memberi informasi yang bermanfaat. Karena hal ini tidak terlepas dari dorongan secara pribadi, agar para pembaca yang sedang mencari artikel yang berkaitan dengan pemikirannya dapat terpenuhi.


Menulis sebuah Blog sebenarnya tidak memerlukan tips yang berarti, hanya saja bagaimana cara membuat artikel yang kita tulis mudah di baca orang lain. Saya pribadi merasa bahwa tulisan saya masih kacau dalam analis logika, yang kadang muter tak berarah. Tetapi dengan konsistennya menulis, bukan tidak mungkin kedepan tulisan saya dapat di mengerti para readers.


Mengenai cara mengumpulkan topik artikel blog yang kita kuasai, sebenarnya telah tertanam dalam memori pikiran kita. Asalkan selalu menjadwalkan kapan akan menulis dan kapan siap di tayangkan di Blog. Saya mempunyai Tips sendiri dalam menulis Blog yang saat ini sedang saya lakukan :

Pertama - Saat menulis sebuah artikel dengan judul apapun, saya tentu ingin menulis sesuai dengan pemikiran dan hati. Setelah merasa tulisan sudah cukup, entah di bagian pertengahan, saya akan mengkoreksi sendiri dengan cara manual. Hal ini mulai saya lakukan, sejak saya membaca salah satu Blog media online. Bahwasanya setiap orang yang menulis sebuah artikel maupun surat, sebenarnya yang berinteraksi dengan hati adalah Otak sebelah kanan. Di mana Otak sebelah kanan berfungsi sebagai Kreatifitas.

Kedua - Mengkoreksi tulisan yang telah saya buat, dari awal hingga akhir dan mengucapkannya. Hal ini perlu saya lakukan, untuk memaksimalkan Otak sebelah kiri yang berfungsi sebagai penalaran Logika.  Jika ada kesalahan dalam membaca yang kurang baik, saya akan mengedit dan menambahkan kata yang perlu disematkan. Maka tidak heran, jika seseorang mempunyai keseimbangan Otak kanan dan kiri, mereka adalah orang yang mempunyai kecerdasan di atas rata rata.

Ketiga - Selalu membuat artikel dan menyimpan di draft Blog sebelum 100% sempurna, terutama dalam menulis judul.
Fungsi dari bagian ini, tidak lain agar beban pikiran saat menulis tidak terjadi. Alasan lain, di samping terkesan memaksakan, perilaku yang sembrono akan berdampak pada penulisan yang amburadul.

Keempat - Saat sudah merasa siap untuk di tayangkan dan mengedit kata-kata yang kurang pas, silahkan lakukan pratinjau. Pratinjau di perlukan untuk melihat gaya tulisan, dan kecocokan pada gambar yang telah di lampirkan.

Kelima - Jangan lupa, selalu menulis artikel yang belum selesai dan memastikan kapan akan di publikasi.

Semoga sedikit Tips dari saya dapat membantu para blogger yang ingin merubah cara berpikir dalam hal menulis. Tetapi saya juga ingin mengingatkan, " Belum tentu cara - cara yang saya lakukan, Cocok dengan gaya para blogger dalam menulis sebuah artikel". Yang terpenting tetap semangat memberi kontribusi pemikiran untuk pembaca.


Salam Blogger Indonesia.
Share on Google Plus

About Ari Dian Setiawan

Profil ini sebagai sarana untuk pengenalan, dan menjalin persahabatan baik di dunia maya maupun nyata. Blog ini sebagai sarana untuk belajar, dan menulis tentang segala sesuatu yang saya ketahui, maupun wawasan yang saya peroleh dari masyarakat umum. Pada dasarnya saya ingin mempunyai wawasan yang lebih global.

0 komentar :

Post a Comment

Silahkan Komentar