Fungsi Google WebMaster Sebagai Kontrol Blog


Fungsi Google WebMaster Sebagai Kontrol Blog
Sesuai judul yang saya maksud di postingan kali ini, saya ingin mengulas seberapa pentingnya Google WebMasters untuk para blogger mania. Sebelum pada inti yang akan saya bahas di bawah nanti, saya ingin menjelaskan secara lebih terperinci tentang fungsi dari Webmasters.

Webmasters adalah salah satu aplikasi yang disediakan pihak Google untuk mengontrol akun Blog kita. Keberadaannya pun sangat dibutuhkan karena mampu meningkatkan stabilitas SEO ( Search Engine Optimization ) Blog, dan mempunyai efek yang  semakin mudah di pencarian di Google Search.

Selain itu, yang tidak kalah penting kalian bisa menghapus URL yang di anggap robot.xl sebagai spam, yang pada akhirnya Blog kita masuk ke dalam pasir putih alias Google Sanbox. Berbicara tentang Google Sanbox, Google sanbox adalah Aplikasi teguran terhadap pemilik Blog yang di anggap tidak mematuhi kebijakan yang di aturkan. 

Dampaknya juga lumayan greget, bayangin aja blog yang kalian penuhi dengan dengan artikel bagus, ternyata telah di bekukan sementara. Bahkan bisa bisa terkena sangsi terberat, yakni Blog yang kalian kelola di hapus permanen oleh Pihak Google.

Penyebab yang banyak di temukan seorang Blogger terkena Google sanbox : 

Pertama - Blognya penuh dengan hasil plagiat dan parahnya lagi, mereka menyalahgunakan.

Kedua - Biasanya menyerang Blogger pemula, alasanya terlalu banyak mengedit artikel agar terlihat mudah di baca. Hal itulah yang menurut saya, memicu Robot Google mencurigai aktivitas yang tidak wajar.

Ketiga - Tanpa di sadari saat merasakan Euforia mempunyai blog baru, banyak di antara kita yang mengganti domain.Yang pada akhirnya robot Google Ngambek :))

Keempat - Banyak link tidak berfungsi dengan baik yang tanpa sadar menempel di artikel lama, dan hal itu dianggap sebagai SPAM, akibat point nomor 3 dan penjelasan di atas.

Mungkin masih banyak hal lain yang menjadi pertimbangan, kenapa ada akun blog yang terkena pasir putih. Tetapi jangan khawatir jika terkena sanbox, artinya kamu mendapat perhatian dari Google agar ke depannya bisa semakin dewasa dalam menulis sebuah artikel.  

Nah, kembali lagi pada topik artikel yang saya bahas, bahwa beberapa permasalahan di atas tentu berhubungan langsung dengan fungsi dari Google Webmater.

Fungsi Google WebMaster Sebagai Kontrol Blog
Gambar pertama, kedua dan selanjutnya di bawah ini, memang sengaja saya buat agar kalian yang belum terdaftar di Google Webmaster lebih mudah untuk mendaftar. 

Pertama kali saat masuk ke Akun Gmail kalian, lalu pergilah untuk mengunjungi situs resminya Webmaster, dari Mbah Google.

Tips kedua - Pada halaman awal ada suatu catatan seperti pencarian berlogo merah bertuliskan " Tambahkan Properti ". Silahkan di isi alamat Url resmi situs Blog kalian, di sisi kirinya kemudian Klik.

Ketiga - Saat tiba di halaman seperti gambar di nomor 2 lihatlah tanda panah yang saya tandai. Disitu tertulis Google Index dan beberapa pilihan fungsi lain nan bermanfaat, pilihlah kebutuhan yang memang di butuhkan.
Keempat - Jika anda benar benar terkena pasir putih yang saya sebutkan di atas, maka saya sarankan menghapus URL blog yang di anggap salah di sini, Bukan di akun Bloggernya.

Untuk fungsi SEO dari Google Webmaster, jangan lupa Konfirmasi lewat Email terlebih dahulu, agar optimasinya mengesankan dan silahkan cek di dalam kotak masuk kemudian Verifikasi.

Lalu masuk dan cek sumber daya seperti gambar di samping, masuk pada struktur data dan selanjutnya cek! Jangan buru buru di validasi sebelum kamu paham.

Lihatlah beberapa gambar 5  6 di samping dan bawah, bahwa Blog saya mempunyai masalah dengan optimasi SEO masalah gambar.
Saya   sendiri   sedang   berusaha   membetulkan,   agar   blog   saya   bisa   berfungsi   dengan   baik,  dengan  membaca  blog  para  master di   indonesia.


Baik saya kira pembahasan tentang Fungsi Google Webmaster Sebagai Kontrol Blog sampai sini dulu, selanjutnya  saya akan menulis artikel artikel yang dapat di jadikan sebagai referensi. Terima kasih atas waktu untuk mampir di Blog saya.

Salam Blogger Indonesia
Baca Juga : Bagaimana Cara Memperbaiki Error Struktur Data Pada Blog Tanpa Menambah Kode HTML


Share on Google Plus

About Ari Dian Setiawan

Profil ini sebagai sarana untuk pengenalan, dan menjalin persahabatan baik di dunia maya maupun nyata. Blog ini sebagai sarana untuk belajar, dan menulis tentang segala sesuatu yang saya ketahui, maupun wawasan yang saya peroleh dari masyarakat umum. Pada dasarnya saya ingin mempunyai wawasan yang lebih global.

3 komentar :

  1. Saya ada salah satu pengguna setia Google Webmaster...
    Dan terima kasih atas tambahan masukkannya... sangat membantu saya... :D

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Mas Dedyakas sudah mampir di sini, mohon maaf gak ada minuman kopi :p

    ReplyDelete

Silahkan Komentar